Rabu, 24 September 2014

Seputar Rokok

Perokok Aktif

Rokok,siapa yang tidak mengenal rokok.Benda berbentuk silindris yang banyak disukai orang ini telah menjadi santapan sehari-hari beberapa orang.Bahkan kita hampir selalu menjumpai orang yang merokok setiap harinya.Dalam postingan kali ini saya ingin membahas tentang rokok.Dengan harapan sobat Top yang membacanya tidak merokok sampai akhir hayat nanti,serta segera meminta orang yang sobat sayangi untuk berhenti merokok.


SEJARAH ROKOK

Suku Indian
Sebelumnya saya akan membahas pengetian serta tujuan awal penggunaan rokok. Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong.Akhir-akhir ini ada perubahan pada kemasan rokok yaitu ada pesan kesehatan serta gambar-gambar penyakit yang diakibatkan,seperti penyakit paru-paru.Yah walaupun saya anggap hanya sebagai hiasan -_-.
Masyarakat yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di benua Amerika, akan tetapi rokok ini digunakan untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh.Kemudian pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, beberapa dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.

KANDUNGAN ROKOK


Seperti yang bisa kita lihat sekilas dari batangan rokok adalah rokok terbuat dari tembakau,dilapisi dengan kertas,serta ada potongan gabus pada bagian yang hisap (walaupun tidak semua rokok ada gabusnya).Akan tetapi buat sobat Top yang masih awam,saya akan memberitahu sobat bahwa dalam rokok terkandung beberapa zat kimia.Seperti :
  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4.000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilina, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbonmonoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.
Wow bukan? Ya memang harusnya wow -_- .Bahkan ternyata rokok lebih berbahaya dari asap kendaraan bermotor.Masih pengen nge-rokok ?Oke ndak papa.Lanjut....

KHASIAT / MANFAAT ROKOK

Tahukah sob,bahwa sebenarnya rokok itu banyak memiliki khasiat positif loh.Kalau ada yang bertanya khasiat rokok,jawab saja dengan jawaban berikut ini :
-         Membantu pemerintah Indonesia.Dalam hal ini para perokok berat bisa berpartisipasi untuk membantu pemerintah Indonesia untuk mengatasi kapadatan penduduk.Anda akan mengorbankan diri anda sendiri untuk mengurangi kepadatan penduduk Indonesia.Hahahaha
-         Anti Maling.Mengapa saya sebut anti maling? Ya memang,jika anda perokok berat yang seharinya bisa sampai menghabiskan 10 batang rokok.Teruskan,kalau bisa tambah porsinya ya hahaha.Rumah anda akan berpotensi anti maling.Ketika anda mulai terserang penyakit paru-paru.Batuk keras anda tiap malam akan membuat para maling takut untuk masuk kerumah anda hahahaha.\
Yah mungkin itu saja ya.Khasiat ngawur dari saya.Khasiat-khasiat di atas hanya berupa sindiran halus.Dengan harapan sobat bisa terpengaruh dan tidak merokok.Tetapi kalau masih ya siapin aja lahan buat nanem paru-paru yang rusak.

FENOMENA ROKOK

Tragis
Banyak orang yang bertanya-tanya apa sih enaknya rokok? dan kenapa orang suka merokok? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang wajib anda jawab. Fakta-fakta mengenai efek buruk merokok sudah jelas: 1 dari 10 orang dewasa meninggal akibat penyakit yang berkaitan dengan rokok. Sekitar 5 juta per tahun jumlahnya. Itu data menurut WHO.Larangan-larangan merokok sudah dikeluarkan oleh pemerintah di berbagai belahan dunia. Pajak untuk rokok dan produk tembakau lain sudah ditinggikan. Tetapi, kenapa orang tetap merokok?
Berikut saya beri beberapa "Orang Bilang" dan jawaban yang tepat untuk mereka :


Orang Bilang        : Dengan merokok saya terlihat macho/sexy
Saya Bilang  : Pabrik rokok mengharapkan anda berpikir seperti itu. Mungkin awalnya memang iya, tapi tunggu saja… Merokok dapat menimbulkan kulit keriput dan gigi kuning. Merokok juga berkontribusi pada osteoporosis atau pengeroposan tulang. Dan yang lebih penting, merokok dapat menyebabkan impotensi. Apa itu yang namanya macho/sexy?

Orang Bilang        : Hanya satu rokok sehari kok
Saya Bilang  : Merokok tidaklah aman sekalipun hanya 1 rokok dalam sehari. Setiap rokok mengandung sekitar 1 sampai 2 miligram nikotin yang dapat mencapai otak setelah 10 detik dihirup. Segera setelah tiupan pertama adrenalin akan sibuk meningkatkan tekanan darah, denyut jantung dan nafas anda.


Orang Bilang        : Berhenti merokok bisa membuat saya gemuk
Saya Bilang  : Bertambanya berat badan banyak dialami orang yang mencoba berhenti merokok. Hal ini terjadi karena kebiasaan menghisap rokok kini berganti dengan makan. Namun dengan merencanakan diit gizi yang sehat dan meningkatkan aktivitas akan membantu kita memecahkan masalah ini. Bahkan, dengan olahraga, tidak hanya masalah berat badan saja yang dapat diatasi, namun stamina dan kapasitas paru yang hilang ketika merokok juga dapat dikembalikan.

Orang Bilang        : Merokok tidak melukai orang lain selain diri sendiri
Saya Bilang  : Salah! Bila merokok di sekitar orang lain, anda telah menyakit mereka terutama yang memiliki asma, penyakit jantung, alergi atau anak-anak. Perokok pasif juga mempunyai resiko yang meningkat seperti pada perokok aktif.

Orang Bilang        : Merokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif, maka merokok lah.
Saya Bilang  : Hehe..terkesan memang sangat meyakinkan, tapi silahkan lihat kembali, apakah memang seperti itu kah, jika anda perokok pasif, maka ada seorang perokok aktif berbicara seperti itu diatas, maka silahkan berpikir kembali, apakah itu memang benar, ataukah itu hanya JUSTIFIKASI mereka yang merokok untuk mengajak lebih banyak orang untuk merokok.

Orang Bilang        : Merokok dapat memperbaiki mood
Saya Bilang  : Beberapa orang percaya rokok dapat menambah semangat, namun itu dapat menurunkan moodmu. Jika anda sedang down atau depresi, rokok dapat menempatkan anda pada resiko yang lebih tinggi untuk depresi, hiperaktivitas, dan attention deficit disorder. Seperti pada penelitian terbaru disebutkan, remaja yang merokok memiliki resiko 4 kali yang lebih besar untuk mengalami depresi dari remaja yang tidak merokok.

Orang Bilang : Merokok dapat membuat Belajar jadi lebih mudah
Saya Bilang   : Nah...ini lebih parah lagi, kenapa saya sebut lebih parah, karena bisa saja ini digunakan oleh mereka perokok aktif untuk mengajak anak2 dibawah umur untuk merokok, dengan alasan agar mereka lebih cerdas atau pintar..hehehe..

Orang Bilang        : Padahal, dengan merokok membuat saluran darah menjadi tersumbat, dan aliran darah ke Otak menjadi tidak baik.
Saya Bilang  : Dan ada banyak lagi alasan2 mereka sang perokok aktif untuk mengajak mereka yang tidak merokok untuk merokok bersama mereka.Padahal, dibungkus rokok telah disebutkan

Pertanyaan khusus buat para perokok :

“Anda telah menghabiskan banyak uang untuk membeli rokok.Dan mengasapi keluarga anda dengan asap rokok.Tapi saya menawarkan suatu kerja sama.Bagaimana jika setiap hari saya mengarahkan knalpot motor saya ke keluarga anda.Kemudian saya nyalakan motor saya.Sehingga keluarga anda baik sengaja maupun tidak akan menghirup asapnya.Tapi tiap bulan anda membayar saya 500 rb rupiah.Bagaimana menurut anda? Apakah anda rela? Sama halnya dengan rokok,malahan asap rokok anda lebih berbahaya dibanding dengan asap kendaraan saya.Bagaimana?”
 
TIPS

Tidak hanya berkicau ria.Saya juga akan membagikan beberapa tips untuk anda yang benar-benar ingin berhenti merokok.Tapi dibutuhkan niat yang benar-benar kuat.Tipsnya adalah coba kurangi porsi merokok anda tiap hari,jika tidak sanggup tiap minggu.sebagai contoh,minggu ini anda habis 5 batang/hari, minggu depan cukup 4 batang/hari, mingu depannya lagi 2 batang/ hari,dan seterusnya.Memang berhenti dari ketergantungan sangat susah.Tapi camkan baik-baik,bahwa keluarga andalah yang akan merasakan dampaknya.Setiap niat anda luntur,selalu ingatlah keluarga anda...Itu tadi tips dari saya sobat,semoga membantu ya,dan yang ada niatan berhenti,semoga lekas berhenti ^^ .
ini ada video konyol cara membuat orang kapok untuk merokok...



Hahahahah ^^ .
Semoga artikel ini bermanfaat ya sob. Baca juga 10 Senjata Api Paling Berbahaya dan juga Animasi Untuk Blog Anda .Terima kasih banyak sudah mau nongkrong di blog saya ya.Sampai jumpa di artikel berikutnya. \^^/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Photobucket